Cara Menghilangkan Noda Spidol pada Baju: Tips Ampuh untuk Pembersihan Efektif

Noda spidol pada baju dapat menjadi tantangan tersendiri, tetapi dengan beberapa langkah dan perhatian ekstra, Anda dapat menghilangkan noda tersebut tanpa merusak kain.

Berikut adalah beberapa tips ampun untuk membersihkan noda spidol pada baju dengan efektif.

1. Segera Tanggapi Noda Secepat mungkin setelah menemukan noda spidol pada baju, tanggapi dengan cepat. Semakin cepat Anda bertindak, semakin besar kemungkinan untuk menghilangkan noda dengan sukses.

2. Jangan Menggosok Noda Hindari menggosok noda spidol pada baju. Gosokan dapat membuat tinta spidol meresap lebih dalam ke dalam serat kain. Sebaliknya, tepuk-tepuk noda dengan kertas tisu atau handuk bersih untuk menyerap sebanyak mungkin tinta.

3. Gunakan Alkohol Alkohol adalah solusi efektif untuk menghilangkan noda spidol pada baju. Celupkan kapas ke dalam alkohol isopropil dan tepuk-tepuk lembut noda. Pastikan untuk melakukan uji coba pada bagian kecil baju terlebih dahulu untuk memastikan tidak merusak warna atau serat kain.

4. Air dan Sabun Jika noda spidol masih ada setelah menggunakan alkohol, coba gunakan campuran air dan sabun ringan. Rendam baju dalam campuran ini selama beberapa menit, lalu gosok secara lembut menggunakan sikat gigi atau spons lembut.

5. Pasta Deterjen Buat pasta dari deterjen cair dan sedikit soda kue. Oleskan pasta ini pada noda spidol dan biarkan selama beberapa menit sebelum mencucinya. Deterjen membantu menghilangkan noda, sementara soda kue dapat membantu memperkuat efek pembersihan.

6. Pencucian Normal Setelah melakukan langkah-langkah di atas, cuci baju seperti biasa menggunakan deterjen yang biasa Anda gunakan. Periksa noda sebelum mengeringkan untuk memastikan noda benar-benar hilang.

Leave a Comment