Cara Menghilangkan Getah Pisang di Baju

Getah pisang bisa menjadi masalah yang menjengkelkan saat menempel pada pakaian. Namun, tidak perlu khawatir, karena ada beberapa metode yang efektif untuk menghilangkan noda getah pisang. Berikut adalah cara-cara yang dapat Anda terapkan:

1. Gunakan Es Batu: Tempelkan es batu pada getah pisang yang masih segar. Biarkan es batu membekukan getah, lalu kerik perlahan dengan benda tumpul seperti ujung pisau mentega. Bersihkan noda dengan kain yang sudah dicelupkan dalam campuran air dan deterjen.

2. Minyak Dapur: Oleskan minyak dapur seperti minyak kelapa atau minyak zaitun pada getah pisang. Biarkan selama beberapa menit agar minyak meresap. Setelah itu, gosok lembut dengan sikat gigi bekas atau sikat gigi dengan bulu lembut. Cuci pakaian seperti biasa.

3. Deterjen Cair atau Sabun Cuci Cair: Aplikasikan deterjen cair atau sabun cuci cair langsung pada noda getah pisang. Biarkan meresap selama beberapa menit sebelum mencuci pakaian. Gosok lembut area yang terkena dengan sikat lembut jika perlu.

4. Larutan Pembersih: Campurkan air hangat dengan sedikit amonia atau cuka putih. Rendam bagian pakaian yang terkena getah pisang dalam larutan ini selama 15-20 menit. Gosok lembut dan cuci seperti biasa.

5. Alkohol Isopropil: Gunakan kapas yang direndam dalam alkohol isopropil untuk mengusap getah pisang. Gosok lembut dan hindari menggosok terlalu keras untuk menghindari merusak serat kain.

6. Hapus dengan Plester Perekat: Tempelkan plester perekat pada noda getah pisang. Tekan dengan lembut dan lepaskan plester dengan hati-hati. Getah seharusnya menempel pada plester.

7. Gunakan Hair Dryer: Panaskan getah pisang dengan hair dryer pada suhu rendah hingga getah menjadi lembek. Setelah itu, kerik perlahan-lahan dengan benda tumpul dan bersihkan noda dengan kain yang telah dicelupkan dalam campuran air dan deterjen.

Leave a Comment