Test Point EDL pada Redmi 5 Plus: Panduan Langkah demi Langkah untuk Memasuki Mode EDL

Redmi 5 Plus, salah satu perangkat Xiaomi yang populer, memiliki mode EDL (Emergency Download Mode) yang dapat digunakan untuk pemulihan dan pemrograman perangkat.

Namun, untuk memasuki mode ini, Anda perlu menggunakan metode yang disebut sebagai “Test Point.” Berikut adalah panduan langkah demi langkah tentang cara menggunakan Test Point untuk masuk ke mode EDL pada Redmi 5 Plus.

Langkah 1: Persiapkan Alat dan Perangkat

Test Point EDL pada Redmi 5 Plus: Panduan Langkah demi Langkah untuk Memasuki Mode EDL
youtube.com

Pastikan Anda memiliki kabel USB yang baik dan komputer yang terhubung ke internet. Selain itu, pastikan baterai Redmi 5 Plus memiliki daya yang cukup atau hubungkan ke sumber daya eksternal.

Langkah 2: Unduh dan Instal Mi Flash Tool

Mi Flash Tool adalah alat resmi yang dikeluarkan oleh Xiaomi untuk melakukan flashing atau pemulihan pada perangkat Xiaomi. Unduh dan instal Mi Flash Tool di komputer Anda.

Langkah 3: Unduh dan Instal Qualcomm USB Driver

Pastikan bahwa driver USB Qualcomm terinstal di komputer Anda. Jika belum, unduh dan instal driver tersebut.

Driver ini penting agar komputer dapat mengenali perangkat Xiaomi Anda dalam mode EDL.

Langkah 4: Unduh Fastboot ROM

Dapatkan Fastboot ROM terbaru untuk Redmi 5 Plus dari situs web resmi Xiaomi atau sumber terpercaya.

Pastikan Anda memilih ROM yang sesuai dengan model dan kode nama perangkat Xiaomi Redmi 5 Plus Anda.

Langkah 5: Persiapkan Bahan-Bahan Lain

Siapkan pinset atau benda kecil serupa untuk menekan Test Point. Cari informasi tentang lokasi Test Point untuk Redmi 5 Plus pada sumber terpercaya atau forum pengguna Xiaomi.

Langkah 6: Matikan Redmi 5 Plus

Matikan perangkat Xiaomi Redmi 5 Plus Anda dan pastikan dalam keadaan mati.

Langkah 7: Hubungkan Test Point

Dengan bantuan pinset atau benda kecil lainnya, hubungkan atau tekan Test Point yang sesuai di perangkat Xiaomi Redmi 5 Plus.

Sambil menahan Test Point, sambungkan perangkat ke komputer menggunakan kabel USB.

Langkah 8: Deteksi di Mi Flash Tool

Buka Mi Flash Tool di komputer Anda. Pastikan perangkat terdeteksi dalam Mi Flash Tool. Jika terdeteksi, Anda telah berhasil masuk ke mode EDL.

Langkah 9: Flashing Fastboot ROM

Pilih opsi “Browse” di Mi Flash Tool dan arahkan ke folder tempat Anda menyimpan Fastboot ROM.

Setelah itu, klik “Refresh” dan pastikan perangkat masih terdeteksi. Klik “Flash” untuk memulai proses flashing.

Langkah 10: Tunggu Proses Selesai

Tunggu hingga proses flashing selesai sepenuhnya. Setelah selesai, lepaskan perangkat dari komputer dan nyalakan kembali Xiaomi Redmi 5 Plus.

Catatan Penting:

Test Point EDL pada Redmi 5 Plus: Panduan Langkah demi Langkah untuk Memasuki Mode EDL
gsm6g.com

Proses ini dapat menghapus data di perangkat, oleh karena itu pastikan untuk membuat cadangan data penting sebelum memulai prosedur ini.

Pastikan untuk menggunakan Fastboot ROM resmi dan sesuai dengan model perangkat Anda untuk menghindari masalah kompatibilitas.

Dengan mengikuti panduan langkah demi langkah ini, Anda dapat berhasil memasuki mode EDL pada Xiaomi Redmi 5 Plus menggunakan metode Test Point.

Pastikan untuk selalu mengikuti panduan dari sumber terpercaya dan menggunakan firmware resmi untuk menjaga keamanan dan kinerja perangkat Anda.

Dengan berhasil memasuki mode EDL pada Xiaomi Redmi 5 Plus melalui metode Test Point, Anda telah membuka pintu untuk berbagai opsi pemulihan dan pemrograman perangkat.

Proses ini memungkinkan pengguna untuk melakukan flashing Fastboot ROM, mengatasi masalah software, atau bahkan melakukan perubahan kustom pada perangkat Xiaomi mereka.

Penting untuk diingat bahwa menggunakan Test Point untuk masuk ke mode EDL adalah langkah yang memerlukan ketelitian dan kehati-hatian.

Pastikan untuk mengikuti panduan dengan teliti dan hanya menggunakan firmware resmi untuk menghindari risiko kerusakan pada perangkat Anda.

Jika Anda mengalami kesulitan atau memiliki pertanyaan lebih lanjut, disarankan untuk mencari bantuan dari komunitas pengguna Xiaomi atau sumber resmi lainnya.

Dengan demikian, Anda dapat memastikan bahwa Anda memiliki informasi terkini dan akurat terkait dengan perangkat Xiaomi Anda.

Semoga panduan ini bermanfaat bagi Anda dalam memahami dan berhasil menjalankan metode Test Point untuk masuk ke mode EDL pada Xiaomi Redmi 5 Plus.

Tetaplah mengikuti perkembangan dan panduan resmi dari Xiaomi untuk menjaga perangkat Anda tetap optimal dan berkinerja baik.

Leave a Comment